Minggu, 23 Mei 2021

Hepatitis A: Penyebab, Gejala, dan Penularannnya Menurut SehatQ.com

Hepatitis A merupakan infeksi yang menyerang hati dan disebabkan oleh virus hepatitis tipe A. Virus ini dapat menular dengan berbagai cara yang terkontaminasi tinja penderita. Infeksi ini tidak sampai menyebabkan gangguan hati yang kronis, namun gejala yang parah dapat menyebabkan hepatitis fulminan atau gagal hati akut yang memiliki resiko fatal.

 

Penyebab Terjadinya Hepatitis Tipe A
Hepatitis ini dapat disebabkan oleh banyak hal dan datang dari mana saja, bahkan anda bisa terinfeksi hepatitis tipe A hanya karena malas mencuci tangan. Sebab, virus ini menyebar melalui benda-benda yang terkontaminasi feses dari orang yang sudah terinfeksi. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk mencuci tangan setelah menggunakan fasilitas toilet umum.


Sebab, banyak orang yang keluar masuk menggunakan fasilitas umum dan tidak diketahui apakah orang tersebut menderita sakit menular seperti hepatitis a atau tidak. Tidak hanya itu, anda juga bisa tertular melalui makanan, minuman, atau barang-barang yang rentan terkontaminasi feses. 

Berhubungan seksual dengan penderita juga dapat menularkan virus ini.
Karena berkaitan erat dengan tinja atau feses, maka penyebab lain dari hepatitis tipe A adalah sanitasi yang buruk, tidak terdapat air bersih atau air yang mengalir, mengunjungi negara endemik hepatitis tipe A sebelum melakukan vaksinasi, mengonsumsi makanan atau minuman yang diolah oleh penderita yang belum mencuci tangan, serta daging dan ikan mentah yang tidak bersih.


Gejala Umum Hepatitis Tipe A
Anda baru akan merasakan gejala setelah virus menginfeksi selama beberapa hari. Biasanya pada saat itu baru muncul gejala yang bisa anda rasakan secara langsung. Beberapa gejala penyakit ini yang mungkin anda alami adalah mual, muntah, pusing, rasa sakit di bagian liver, air seni keruh, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, kulit dan mata terlihat kuning, serta rasa gatal intens.


Jika anda mengalami gejala di atas setelah melakukan kunjungan ke suatu tempat makan, menggunakan fasilitas umum, atau menyentuh barang umum tanpa mencuci tangan setelahnya, maka anda harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, anda juga bisa melakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi virus hepatitis tipe A.


Pasalnya, penularan virus ini dapat terjadi di mana saja, bahkan di tempat yang tidak pernah anda duga sebelumnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Dengan demikian, resiko tertular hepatitis tipe A dapat menurun.


Cara Penularan Hepatitis Tipe A
Menurut data dari WHO (World Health Organization), 90 persen anak-anak berusia di bawah 10 tahun terinfeksi Penyakit hepatitis tipe A karena sanitasi yang buruk. Kebanyakan kasus seperti ini terjadi di negara berkembang dengan sanitasi yang kurang baik dan belum begitu peduli dengan kebersihan. 


Virus ini menular melalui rute fekal-oral, yaitu masuknya virus ke dalam tubuh orang yang belum terinfeksi melalui makanan atau minuman yang terinfeksi feses penderita. Selain melalui fekal-oral, virus ini juga dapat menular melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi.


Penularan virus hepatitis tipe A juga dapat terjadi melalui konsumsi makanan mentah dari perairan yang terkontaminasi virus. Meskipun jarang terjadi, penularannya juga bisa berasal dari transfusi darah. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan dan melakukan vaksinasi.


Orang yang sudah pernah terinfeksi virus hepatitis tipe A umumnya akan memiliki antibodi yang bisa mencegah tertular kembali. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah kondisi tiap orang pasti berbeda-beda, sehingga lebih baik melakukan pencegahan sebelum terinfeksi virus hepatitis tipe A.

 
Top